Rabu, 04 November 2009

Berbahasa Indonesia yang baik


Didalam pengamatan kami bertahun-tahun pada acara tv swasta yang menayangkan acara dari desa ke desa di Indonesia, pada umumnya penduduk pribumi yang ada di bgn barat Indonesia spt pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan kalau diwawancarai oleh penyiar tv swasta, ada beberapa daerah tersebut diatas penduduk pribuminya tidak bisa berbahasa Indonesia dengan baik.

Tetapi kalau kita melihat di bagian Indonesia timur khususnya di Papua, penduduk pribumi di Papua walaupun mereka masi menggunakan pakaian dari Koteka, tetapi bila di wawancarai oleh penyiar tv swasta, pada umumnya mereka bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik.

Jadi analisa kami penduduk pribumi Papua lebih pintar dari penduduk pribumi Indonesia bagian barat dalam hal berbahasa Indonesia, namun kesempatan orang Papua untuk pendidikan amat sedikit dibandingkan dengan penduduk yang ada di Indonesia bagian Barat khususnya pulau Jawa.

Ini menjadi pekerjaan extra untuk menteri pendidikan untuk memberikan porsi yang lebih banyak lagi kepada guru-guru yang ada di Indonesia barat untuk mau datang mengabdi dan mengajar di daerah Papua, kadang ada segelintir orang tidak mau penduduk Papua itu menjadi pintar dan berprestasi, karena takut tersaingi dimasa yang akan datang.

Dengan pemerataan pendidikan diseluruh tanah tumpah darah Indonesia, membuat penduduk lokal akan mencintai pemimpinnya, dan berpulang kepada kita semua rakyat Indonesia tidak menginginkan disintegrasi bangsa.

Albert Warouw ++

1 komentar:

Warouw mengatakan...

Pribumi Papua yang pintar berbahasa Indonesia..inilah potret kesenjangan pendidikan antara Indonesia Barat dan Indonesia Timur khususnya tanah Papua..